Kamis, 18 Oktober 2012

Andai Aku Jadi Bupati Brebes (seri 1)


                                                                                       Oleh De Andi Priatno
Kisah ini disadur dari kisah nyata seoranganak daerah yang suka bermimpi akan perubahan di Kabupaten Brebes, visi misinya sederhana, yaitu membangun kabupaten Brebes menuju kabupaten tersejahtera ke tiga se Indonesia. Menurut  pemerintah dalam kegiatan peringatan Hari Otonomi Daerah yang dilaksanakan di Bogor disebutkan tiga Kabupaten yang menduduki peringkat teratas antara lain :
Bojonegoro, Sragen, Surakarta sedangkan Brebes entah menduduki urutan ke berapa, nanti kalau sudah jadi Bupati baru menggeser kabupaten Surakarta, hihi.. Ini bukan omong kosong anak kecilyang sedang bermimpi menembus awan, karna dirinya pun melakukan tahap-tahap perencanaan pembangunan juga.
                Seandainya aku menjadi Bupati Brebes, ada beberapa hal yang harus diperhatikan: ye..  antara  lain :
1.       Mengidentifikasi Karakter Kabupaten Brebes, (melalui analisis politik, ekonomi, social, maupun  budayanya).
2.       Peningkatan Pendapatan Domestik Brebes ( melalui pengoptimalan pendapatan daerah maupun penarikan investor luar )
3.       Menata Ulang Tata Ruang, antara:  Sektor Pemerintahan, birokrasi, lahan investasi, lahan ekonomi rakyat, pelayanan public, lahan-lahan produktif agar ternbentuk jaringan pelayanan yang berkualitas.
4.       Mengidentifikasi layanan public dan pegawainya (pengefisienan pelayanan).

5.       Perencanaan sektor baru yang dapat menumbuhkan ekonomi,
misal : mengkaji ulang adanya terminal, pelabuhan, pariwisata, perkebunan, BUMD, dengan alasan logis bagi tumbuhnya ekonomi baru dan analisis manfaat yang tinggi.
6.       Meningkatkan nilai jual asset daerah yang sudah ada seperti pariwisata dengan berbagai kegiatan promosi  ke dalam dan keluar sehingga menjadi pariwisata dengan daya jual tinggi.
7.       Peningkatan dua Ekonomi Mikro dan Makro yang tumbuh di Brebes.
8.       Menertibkan kembali pelayanan public melalui semangat “ lebih cepat dan benar itu lebih baik”.
9.       Pengorganisasian dan Menginventarisasi Sarana dan Prasarana Daerah, pengelolaan, mobilisasi sarpas, menggunakan asas nilai kepentingan).
10.   Penjaminan berjalanya kebijakan pusat untuk daerah melalui penertiban kebijakan pusat untuk daerah maupun anggarannya. ( ga ada pembangunan bersumber dari APBN yang tercecer di jalan, hehe..)
11.   Peningkatan hubungan kerjasama antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat, atau pemerintah daerah dengan pemerintah daerah lainnya.
12.   Menciptakan Brebes yang Bersih, Hijau, Indah, Aman dan Sehat. Sesuai dengan slogannya “ BERHIAS “.
13.   Terjaminnya Kesejahteraan Warga Brebes.
14.   Terjaminya Kenyamanan Hidup sebagai  warga Brebes.
15.   Terjaminnya layanan Keadilan Warga Brebes
16.   Terjaminnya Kesehatan Warga Brebes.
17.   Terjaminnya Layanan Pendidikan Warga Brebes.

Bersambung ah,, Besok lagi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar